Selasa, 01 Mei 2012

JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira)


Jumbara (Jumpa Bakti Gembira)

A. UMUM.
Sesuai Program Kerja Pengurus Cabang PMI Kabupaten Cilacap Tahun 2008 Bidang Pembinaan Generasi Muda pada Tahun 2008 maka akan diselenggarakan Jumpa Bhakti Gembira ( JUMBARA ) Palang Merah Remaja ( PMR ) Palang Merah Indonesia Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap.
Untuk memberikan ketentuan Jumbara PMR PMI Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2008 ini diperlukan Pedoman Pelaksanaan yang jelas.
Dengan dikeluarkannya Pedoman Pelaksanaan ini diharapkan semua anggota Panitia, Pengurus PMI, Peserta dan semua unsur yang terkait dapat mengetahui dan memahami segala ketentuan / peraturan tentang Pelaksanaan Jumbara PMR PMI Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap.



B. MAKSUD DAN TUJUAN.
1. Pedoman Pelaksanaan ini dimaksudkan sebagai acuan penyelenggaraan Jumbara PMR PMI Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap.
2. Pedoman Pelaksanaan ini disusun dengan tujuan untuk memperlancar penyelenggaraan Jumbara PMR PMI Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap
C. DASAR.
1. Anggaran Dasar dan Rumah Tangga PMI Tahun 2004.
2. Perjanjian kerjasama antara DEPDIKNAS RI dengan PMI Nomor : 0118 / V / 1995 dan Nomor : 0090 / KEP / PP / V / 1995 tanggal 24 Mei 1995 tentang Pembinaan dan Pengembangan Kepalangmerahan dikalangan Siswa, Warga Belajar dan Mahasiswa.
3. Pokok – Pokok Kebijakan PMI Cabang Kabupaten Cilacap Tahun 2007 – 2012
4. Program Kerja Pengurus Cabang PMI Kabupaten Cilacap Tahun 2008.
5. Hasil Rapat Pengurus Cabang PMI Kabupaten Cilacap tanggal, 8 Juli 2008.
D. RUANG LINGKUP.
Pedoman pelaksanaan ini meliputi hal-hal sebagai berikut :
I. Pendahuluan.
II. Rencana Penyelenggaraan.
III. Struktur Organisasi.
IV. Susunan Panitia.
V. Uraian Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Panitia.
VI. Petunjuk Teknis Kegiatan Jumbara PMR PMI Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap.
VII. Jadwal JUMBARA PMR PMI Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap.
VIII. Penutup.
II. RENCANA PENYELENGGARAAN.
A. NAMA, WAKTU / TEMPAT, TEMA JUMBARA :
1. Nama Kegiatan : Jumbara PMR PMI Cabang Tingkat Kabupaten Cilacap.
2. Tanggal : 25 s/d 27 Oktober 2008.
3. Tempat : Lapangan ” Krida Nusantara ” Kelurahan Gumilir
Kecamatan Cilacap Utara
4. Tema : ” Dengan Jumbara PMR Kita Perkuat Rasa Persaudaraan ”
B. PERSIAPAN DI RANTING :
1. Pemilihan Peserta dilakukan oleh Pengurus Ranting PMI di tempat masing – masing meliputi :
  Pemilihan Peserta yang memenuhi syarat.
  Latihan bagi Calon Peserta.
2. Pencarian Dana untuk membiayai Kontingen.
3. Pengadaan sarana dan prasarana Kontingen.
4. Transportasi pergi pulang Kontingen.
C. PENDAFTARAN :
Pendaftaran Peserta Jumbara PMR dibagi 2 ( dua ) tahap:
1. Pendaftaran : Paling lambat 11 Oktober 2008, PMI Ranting sudah menyatakan keikutsertaannya, termasuk menyampaikan Daftar Nama Peserta Anggota PMR Madya / Wira, Pimpinan Kontingen dan Pembina Pendamping bagi yang mengirimkan dengan mengisi formulir ( terlampir ). Melalui POS, FAXIMILE ( 0282 – 521473 ).
2. Daftar Ulang : Dilakukan dilokasi kegiatan. Pimpinan Kontingen mengurus seluruh persyaratan administrasi peserta, ditempat pendaftaran ulang peserta.
D. PESERTA :
Peserta kegiatan ini adalah Anggota PMR PMI se – Kabupaten Cilacap kurang lebih 800 Peserta, 24 Ketua Kontingen dan 48 Pembina Pendamping.
1. Syarat Peserta :
a. Aktif sebagai Anggota PMR di Pangkalan / Ranting setempat.
b. Berumur minimal 13 tahun atau Siswa SLTP untuk PMR Madya dan maksimal 21 tahun atau Siswa SMU / SMK / MA untuk PMR Wira.
c. Dalam keadaan sehat dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter.
d. Menguasai pengetahuan ke PMR an dan ketrampilan materi Kepalangmerahan sesuai dengan jenjang keanggotaannya.
e. Berjiwa Sportif, kedisiplinan, rela berbakti dan dapat bekerja sama.
f. Sanggup mengikuti kegiatan sampai dengan selesai.
g. Siap mematuhi peraturan/tata tertib pelaksanaan kegiatan. Membawa Surat Tugas dari Pengurus Ranting setempat.
h. Mendapat Ijin dari Orang Tua.
i. Membawa Surat Ijin dari Sekolah.
j. Menyerahkan pas foto 3 x 4 cm berwarna sebanyak 3 lembar.
2. Perlengkapan Peserta :
a. Membawa seragam PMR, lapangan dan olah raga.
b. Membawa peralatan pribadi.
E. KONTINGEN :
1. Kontingen :
a. Setiap ranting mengirimkan 2 tim peserta terdiri dari 1 tim PMR Madya dan 1 tim PMR Wira dengan masing-masing tim didampingi oleh 1 orang Pembina Pendamping dan 1 orang Ketua Kontingen untuk keseluruhan Tim Kontingen.
b. Jumlah Kontingen tiap Ranting PMI adalah sebagai berikut :
  Ketua Kontingen : 1 orang ( Pa / Pi )
  Pembina Pendamping Madya : 1 orang ( Pa / Pi )
  Pembina Pendamping Wira : 1 orang ( Pa / Pi )
  Peserta PMR Madya : 15 orang ( Pa / Pi / Campuran )
  Peserta PMR Wira : 15 orang ( Pa / Pi / Campuran )
J u m l a h : 33 orang
2. Ketua / Kontingen dan Pembina Pendamping.
a. Jumlah dan Komposisi:
 Ketua Kontingen adalah Pimpinan Kontingen dari masing-masing Ranting, dan Pembina Pendamping adalah Pembina yang ditunjuk sebagai pendamping masing – masing peserta PMR Madya / Wira.
  Ketua Kontingen terdiri dari 1 orang yang diberi Tugas oleh Pengurus Ranting setempat.
  Pembina Pendamping setiap tim adalah 1 orang untuk PMR Madya dan 1 orang untuk PMR Wira.
b. Persyaratan :
 Berkapasitas sebagai anggota Pengurus Ranting atau Pelatih Ranting / Pangkalan.
  Mendapat mandat dari Pengurus Ranting masing – masing.
  Menyerahkan pas foto 3 x 4 cm berwarna sebanyak 3 lembar.
F. PERALATAN YANG DISIAPKAN KONTINGEN :
1. Peralatan Peragaan ( Pertolongan Pertama ).
2. Peralatan Praktek Dlagbar / Tandu :
  Bambu Ukuran : 225 cm sebanyak 2 buah.
  Bambu Ukuran : 60 cm sebanyak 2 buah.
  Tali Pramuka : 20 Meter.
3. Peralatan Lomba Poster.
4. Barang bantuan yang akan diberikan untuk Bhakti Masyarakat : Buku Tulis, Penggaris, Penghapus, Pensil dan Bolpen.
5. Cangkul, Sapu dll untuk Kegiatan Bhakti Masyarakat.
6. Tenda dan perlengkapannya.
7. Bambu ukuran 3 Meter 1 Buah setiap tenda untuk penerangan.
G. PENYELENGGARAAN
1. Penyelenggara adalah Pengurus PMI Cabang Kabupaten Cilacap dibawah tanggung jawab Bidang Pendidikan dan Pembinaan Generasi Muda.
2. Pelaksana adalah dari Unsur Pengurus Cabang PMI Kabupaten Cilacap dan Unsur terkait berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Cabang PMI Kabupaten Cilacap.
H. PEMBIAYAAN :
1. PC PMI Kabupaten Cilacap menanggung biaya penyelenggaraan.
2. Pengurus Ranting PMI menanggung biaya Kontingen.
III. STRUKTUR ORGANISASI.
IV. SUSUNAN PANITIA.
PELINDUNG : KETUA PMI CABANG KAB. CILACAP
PENANGGUNG JAWAB : Drs. SUTARJO, MM
KETUA UMUM : Drs. SUTOYO, MS, M.Ed
KETUA I : SUMARYO, S.Sos, MM
KETUA II : SOEWONDO, S.Pd, M.Si
KETUA III : SUGIRIN
SEKRETARIS : Drs. FARID MA’RUF, MM
WAKIL SEKRETARIS : Drs. ANDI SUSILO, M.Si
BENDAHARA : SURCHOTUSIFAH
SEKSI – SEKSI :
1. KOORD. BIDANG USAHA : Drs. SUHERMAN, MM
 Seksi Umum : 1. HARTOMO
2. IKA SETYANINGSIH
3. CIPTO BASUKI
  Seksi Usaha & Bhakti Sosial : WARSITO
  Seksi Sekretariatan : ANGGORO PRATOMO
  Seksi Upacara & Olahraga : 1. SAMIDJAN, SH
2. TAEFUR SAEFUL ANAM
  Seksi Dokumentasi & Dek : WAHYU BISMOKO. S
  Seksi Konsumsi : 1. WAONAH
2. RIYATI
2. KOORD. BIDANG PENDUKUNG : dr. YUYUNG BUDIWASKITO
  Seksi Perlengkapan : 1. WAHYU ADI WIHARSO
2. ARDHI FEBRILYAWAN
  Seksi Kesehatan : WELIYANTI
  Seksi Keamanan : 1. PONIMAN
2. Polsek Cilacap Utara
3. Koramil Cilacap Utara
  Seksi Watsan : PANUT
3. KOORD. BIDANG KEGIATAN : BUDIARTHA
A. LOMBA :
 Seksi Lomba PP : PANJI MUKHLIS
  Seksi Lomba PK : SARI WAHYUDININGSIH
  Seksi Lomba PRS : EKA NURLELA SARI
  Seksi Lomba PBT & Poster : BONO ARIYADI
  Dlagbar / Tandu : SONY. K
B. KEPEMIMPINAN : 1. WIWEKO WIDYO. W
2. AKBAR MULADI
C. LOKA KARYA PEMBINA PMR : MARSANA
D. PENTAS SENI : ZAENAL ARIFIN, S.Pd
E. JURI : 22 Orang
- Diyah - Varika Zumalia Muis
- Dimas Pranomo Jati - Devina Tiara Putri
- Dewi Sri - Angger Gebyaring Waskito
- Udi Kurtuasi - Faovi Watimena
- Anggun Wibawa - Yoga Adigondo Kusumo
- Agustina Eka Hamdani - Agus Trimoko
- Giat Pambudi - Isna
- Andri - Upik
- Jumino - Eka
- Tunggul - Enni Fahrida. A
- Imam - Tegar Bramasto
V. URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PANITIA.
A. Penanggung Jawab :
Bertangungjawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan Pelaksanaan Jumbara.
B. Ketua Umum :
1. Memimpin secara keseluruhan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan.
2. Mengkoordinasi, mengelola dan meneliti tugas setiap bidang/seksi, sekretaris dan bendahara.
3. Menetapkan dan mengawasi pelaksanaan kebijakan.
4. Melaporkan dan bertanggung jawab kepada Penanggung Jawab, c.q Ketua Bidang.
C. Ketua I :
1. Bersama Bidang Usaha mengatur tugas – tugas Pengawasan / Supervisi dan Monitoring pelaksanaan Jumbara.
2. Bersama Ketua Umum menelaah, merumuskan dan memecahkan masalah yang timbul di lapangan.
3. Bertanggung jawab kepada Ketua Umum.
D. Ketua II :
1. Bersama Bidang Pendukung mengatur tugas – tugas Pengawasan / Supervisi dan Monitoring pelaksanaan Jumbara.
2. Bersama Ketua Umum menelaah, merumuskan dan memecahkan masalah yang timbul di lapangan.
3. Bertanggung jawab kepada Ketua Umum.
E. Ketua III :
1. Bersama Bidang Kegiatan mengatur tugas – tugas Pengawasan / Supervisi dan Monitoring pelaksanaan Jumbara.
2. Bersama Ketua Umum menelaah, merumuskan dan memecahkan masalah yang timbul di lapangan.
3. Bertanggung jawab kepada Ketua Umum.
F. Sekretaris :
1. Melaksanakan Tugas harian Ketua dibidang administrasi.
2. Mewujudkan koordinasi dengan Bendahara, bidang dan seksi – seksi.
3. Menentukan kebijakan administrasi Jumbara.
4. Melaporkan dan bertanggung jawab kepada Ketua Umum.
G. Wakil Sekretaris :
a. Membantu tugas – tugas Sekretaris.
b. Bersama dengan Sekretaris menentukan kebijakan administrasi Jumbara.
c. Melaporkan dan bertanggung jawab Kepada Sekretaris.
H. Bendahara :
a. Melaksanakan tugas harian Ketua dibidang Keuangan.
b. Mengadakan koordinasi dengan Sekretaris, bidang dan seksi – seksi.
c. Mengkoordinasikan masalah sponsorship dan pendanaan.
d. Melaporkan dan bertanggung jawab Kepada Ketua Umum.
I. Bidang Usaha :
a. Bersama Seksi Usaha & Bhakti Sosial, Seksi Sekretariatan, Seksi Upacara & Olahraga, Seksi Dekorasi & Dokumentasi dan Seksi Konsumsi mengatur tugas – tugas Pengawasan / Supervisi, Monitoring dan memecahkan masalah yang timbul dalam pelaksanaan Jumbara.
b. Bertanggung jawab Kepada Ketua I.
J. Bidang Pendukung :
a. Bersama Seksi Perlengkapan, Seksi Kesehatan, Seksi Keamanan dan Seksi Watsan mengatur tugas – tugas Pengawasan / Supervisi, Monitoring dan memecahkan masalah yang timbul dalam pelaksanaan Jumbara.
b. Bertanggung jawab Kepada Ketua II.
K. Bidang Kegiatan :
a. Bersama Seksi Lomba, Seksi Penjurian dan Seksi Loka Karya Pembina PMR mengatur tugas – tugas Pengawasan / Supervisi, Monitoring dan memecahkan masalah yang timbul dalam pelaksanaan Jumbara.
b. Bertanggung jawab kepada Ketua III.
L. Unsur – Unsur Bidang :
a. Bidang I ( Bidang Usaha ):
1) Umum :
a. Melaksanakan tugas pengawasan Umum.
b. Memonitor persiapan fasilitas.
c. Bertanggung jawab kepada Bidang Usaha.
2) Usaha dan Bhakti Sosial :
a. Melayani tamu.
b. Menyusun dan malaksanakan kegiatan humas.
c. Mengkoordinasikan pers yang akan meliput semua kegiatan.
d. Mencari Sasaran SD / MI yang akan di beri bantuan Buku dll.
e. Bertanggungjawab kepada Koordinator Bidang Usaha.
3) Upacara & Olahraga :
a. Mengatur kegiatan yang bersifat protokoler seperti upacara pembukaan dan upacara penutupan.
b. Mengatur Kegiatan Olahraga.
c. Bertanggungjawab kepada Koordinator Bidang Usaha.
4) Dokumentasi / Dekorasi :
a. Mempublikasikan persiapan Jumbara PMR
b. Mengadakan dokumentasi, foto kegiatan Jumbara PMR.
c. Bertanggungjawab kepada sekretaris Koordinator Bidang Usaha
5) Konsumsi :
a. Menyiapkan konsumsi bagi panitia keseluruhan.
b. Bertanggungjawab kepada Koordinator Bidang Usaha.
b. Bidang II ( Bidang Pendukung ):
1) Perlengkapan :
a. Mengadakan peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan Jumbara.
b. Koordinasi dengan seksi lain.
c. Membantu kerja seksi – seksi lain.
d. Bertanggungjawab kepada Koordinator Bidang Pendukung.
2) Kesehatan :
a. Merencanakan dan mengatur pelayanan kesehatan bagi Panitia dan peserta Jumbara PMR.
b. Bertanggungjawab atas Pelayanan kesehatan bagi panitia dan peserta Jumbara.
c. Bertanggungjawab kepada Koordinator Bidang Pendukung.
3) Keamanan :
a. Mengkoordinasikan dan mengatur jadwal petugas keamanan.
b. Bertanggungjawab kepada Koordinator Bidang Pendukung.
4) Watsan :
a. Merencanakan dan mengatur mengenai pelayanan MCK bagi Peserta Jumbara.
b. Bertanggung jawab atas pelayanan MCK bagi Peserta Jumbara.
c. Bertanggungjawab kepada Koordinator Bidang Pendukung.
c. Bidang III ( Bidang Kegiatan ) :
1) Lomba / Juri :
a. Melaksanakan tugas dibidang Perlombaan dan Penjurian.
b. Mengkoordinasikan sesama anggota Juri.
c. Bertanggungjawab kepada Bidang Kegiatan
VI. PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN JUMBARA PMR PMI TINGKAT CABANG CILACAP TAHUN 2008.
A. SETIBA DI LOKASI :
1. Daftar ulang oleh Ketua Kontingen dengan menyerahkan Daftar Kontingen Lengkap, Surat Tugas dari Pengurus Ranting yang bersangkutan dan pas foto.
2. Kontingen akan menerima tanda peserta dan nomor kapling.
3. Menuju lokasi dan orientasi sekitar kegiatan dan menuju tenda.
B. AGENDA JUMBARA PMR MADYA DAN WIRA :
1. Upacara Pembukaan.
2. Travelling Kepalangmerahan.
3. Lomba Poster.
4. Lomba PRS ( Pendidikan Remaja Sebaya )
5. Bhakti Sosial.
6. Olahraga.
7. Loka Karya Pembina PMR.
8. Upacara Penutupan.
C. PELAKSANAAN PERAGAAN / KEGIATAN :
1. Acara kegiatan diikuti oleh semua peserta secara bersamaan.
2. Jenis peragaan dan jenis kegiatan diikuti oleh semua peserta secara bersamaan / terpadu disesuaikan dengan jenis kegiatan / peragaan.
3. Seluruh kegiatan Jumbara PMR diselenggarakan secara berkesinambungan dan ditentukan / diatur dengan maksud agar dapat tercapai tujuan dan sasaran, sehingga pada gilirannya sampai pada tujuan PMI.
D. KEGIATAN JUMBARA PMR MADYA DAN WIRA :
1. TRAVELING KEPALANGMERAHAN :
A. Peragaan Pertolongan Pertama ( PP ) :
1) Latar Belakang :
Diharapkan PMR PMI dapat melakukan pertolongan pertama baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggalnya. Untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan dari Pendidikan dan Latihan pertolongan pertama serta memacu PMR untuk mau dan mampu menolong korban.
2) Tujuan :
a) Meningkatkan motivasi dan kemampuan anggota PMR dalam melakukan Pertolongan Pertama.
b) Melakukan evaluasi atas keberhasilan Pendidikan dan Latihan Pertolongan Pertama yang dilakukan di Ranting.
c) Memasyarakatkan Pertolongan Pertama sebagai salah satu Tugas PMI.
d) PMR dapat gambaran simulasi yang mendekati keadaan sebenarnya sehinga dapat memberikan pertolongan yang tepat dan benar.
3) Peserta :
Tiap Tim menugaskan 8 orang PMR Madya dan 8 orang PMR Wira. ( Putra / Putri / Campuran )
4) Tata Cara Pelaksanaan :
a) Tiap Tim mengirimkan 1 kelompok peserta berjumlah 8 orang ( Putra / Putri / Campuran ).
b) Peragaan Pertolongan Pertama dibagi dalam peragaan yang meliputi :
  Peragaan teori ( test tertulis ) diikuti oleh 2 peserta PMR Madya dan 2 orang peserta PMR Wira
  Penanganan Kasus Perorangan diikuti oleh 2 orang peserta ( 1 Penolong 1 Pasien ) Madya dan Wira.
  Penanganan Kasus Beregu diikuti oleh 4 orang peserta ( 3 Penolong 1 Pasien ) Madya dan Wira.
  Peserta dibawa ke tempat Isolasi ( untuk pemeriksaan alat – alat PP ).
  Sesuai nomor Tim, bergerak menuju Pos Pertolongan.
  Penolong melakukan Penilaian pada Korban.
  Sebelum melakukan Pertolongan, penolong diberikan waktu untuk menjalankan Orientasi korban.
  Setiap Tim diberi batas waktu maksimal 15 menit untuk memberikan pertolongan yang dimulai dihitung sejak penolong pertama sampai pada korban.
  Juri membenarkan mengajukan pertanyaan sesuai dengan soal yang dikerjakan.
  Pengetahuan yang harus dimiliki peserta sesuai dengan Buku Pedoman Pertolongan Pertama Terbitan Kantor Pusat PMI Tahun 2002.
  Sistem penilaian memakai system Grid yaitu dilakukan dengan memakai lembar penilaian yang rinci dan menilai setiap tindakan atau urutan yang seharusnya dilakukan.
5) Perlengkapan / Alat Peraga :
Peralatan untuk Peragaan Pertolongan Pertama disiapkan oleh Peserta sesuai dengan Standart buku Pedoman Pertolongan Pertama terbitan kantor Pusat PMI Tahun 2002.
B. Peragaan Perawatan Keluarga ( PK ) :
1) Latar Belakang :
Memelihara kesehatan dan merawat orang sakit adalah salah satu tugas PMR yang dikenal dengan kegiatan Perawatan Keluarga. Hal tersebut terkadang kurang diminati oleh Remaja.
Untuk itu dalam Jumbara PMR Tingkat Cabang diadakan Peragaan Perawatan Keluarga untuk dijadikan tolak ukur sejauh mana Tingkat Kemampuan Anggota PMR di Bidang tersebut.
2) Tujuan :
a) Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anggota PMR dalam kegiatan Perawatan Keluarga.
b) Merangsang minat anggota PMR untuk berperilaku Hidup Sehat.
c) Memasyarakatkan Perawatan Keluarga sebagai salah satu Kegiatan PMI.
3) Peserta :
Tiap Tim menugaskan 5 orang PMR Madya dan 5 orang PMR Wira ( Putra / Putri / Campuran ).
Untuk Peragaan PMR Madya dan PMR Wira tersendiri / terpisah.
4) Tata Cara Pelaksanaan :
a) Tiap Tim mengirimkan 1 Kelompok peserta berjumlah 5 orang ( Putra / Putri / Campuran ) Madya dan Wira.
b) Peragaan Perawatan Keluarga dibagi dalam Urutan Peragaan meliputi :
(1) Sebelum peragaan praktek dimulai, Peserta menyiapkan 2 peserta Madya dan 2 peserta Wira untuk menjadi Wakil Tim untuk mengerjakan soal test tertulis.
(2) Juri akan memberikan soal praktek dengan cara diundi.
(3) Tim akan menentukan Peserta yang berperan sebagai Pelaku I, Pelaku II dan Pelaku III dengan pembagian tugas sebagai berikut :
  Pelaku I bertindak sebagai Narator yang memberikan penjelasan tentang tindakan yang akan diambil dalam menyiapkan peralatan dan membantu pelaksanaan perawatan.
  Pelaku II bertindak sebagai Pelaksana Perawatan dan membantu penyiapan peralatan.
  Pelaku III bertindak sebagai Pasien.
c) Soal Peragaan Perawatan Keluarga untuk PMR Madya dengan PMR Wira dibedakan.
d) Juri dibenarkan mengajukan pertanyaan sesuai dengan soal yang dikerjakan.
e) Pengetahuan yang harus dimiliki peserta sesuai dengan Buku Pedoman Perawatan Keluarga Terbitan Kantor Pusat PMI Tahun 1997.
f) Sistem penilaian memakai system Grid yaitu dilakukan dengan memakai lembar penilaian yang rinci dan menilai setiap tindakan atau urutan yang seharusnya dilakukan.
5) Perlengkapan / Alat Peraga :
Peralatan untuk Peragaan Perawatan Keluarga disediakan oleh Panitia.
C. Peragaan Pasang Bongkar Tenda ( WIRA ) :
1) Latar Belakang :
Sebagai satu kegiatan dalam rangkaian Penanggulangan Bencana adalah mendirikan tempat penampungan sementara. Untuk itu dirasa perlu PMR dapat menguasai teknik pendirian tenda diantaranya tenda regu.
2) Tujuan :
Meningkatkan kemampuan PMR PMI di dalam penanggulangan bencana melalui ketrampilan pendirian tenda.
3) Peserta :
Tiap Kontingen mengirimkan 8 ( delapan ) orang PMR Wira ( Putra / Putri / Campuran ).
4) Tata Cara Pelaksanaan :
a) Waktu pendirian dan kesiapan pasang tenda maksimal 15 menit.
b) Penilaian terhitung mulai dari pelaporan kejuri hingga tahapan pasang tenda selesai.
c) Penilaian PBT dengan sistem grid yang sudah ditetapkan oleh juri.
d) Sudut antara tali pemancang dengan tanah 45ยบ.
e) Antara tiang penyangga terpal satu sama lainnya harus sejajar antara tiang dengan tiang dan tali dengan tiang.
f) Peralatan dan perlengkapan PBT disediakan oleh Panitia.
g) Tenda menggunakan terpal dengan ukuran 4 x 6 M dengan 8 tiang penyanga.
- 2 tiang utama dengan ukuran 275 cm
- 6 tiang pendukung dengan ukuran 200 cm
h) -1 Tali utama dengan usuran + 20 M
- 6 buah tali pendukung dengan ukuran + 5 M
i) Juri boleh bertanya kepada peserta.
D. Peragaan Dlagbar / Tandu ( MADYA ) :
1) Tujuan :
Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan PMR Madya dalam pembuatan Tandu Darurat / Dlagbar.
2) Peserta :
Tiap Kontingen mengirimkan 2 orang PMR Madya ( Putra / Putri / Campuran ).
3) Tata Cara Pelaksanaan :
a) Tiap Peserta membawa peralatan pembuatan Tandu Darurat / Dalgbar berupa :
  2 buah bambu dengan ukuran 225 cm.
  2 buah bambu dengan ukuran 60 cm.
  1 buah tali Pramuka sepanjang 20 meter.
b) Penilaian dalam lomba pembuatan Tandu Darurat meliputi :
  Kekuatan.
  Kerapian.
  Kecepatan
c) Metode : Demontrasi / Peragaan.
E. Kepemimpinan :
1) Tujuan :
Meningkatakan Koordinasi dan kekompakan Tim.
2) Peserta :
Tiap kontingen mengirimkan 12 orang peserta PMR Madya dan 12 orang peserta PMR Wira ( Putra / Putri / Campuran )
3) Tata Cara Pelaksanaan :
Metode Permainan ( Education Game ).
2. LOMBA POSTER MADYA / WIRA :
A. Latar Belakang :
Palang Merah Remaja sebagai generasi muda harus ikut bertanggung jawab terhadap masalah kesehatan remaja atau yang dapat dikategorikan sebagai perilaku remaja menyimpang atau melanggar norma – norma kehidupan.
Sedangkan gambar poster merupakan media yang menarik dalam penyampaian pesan untuk kalangan remaja.
B. Tujuan :
1) Meningkatkan rasa tanggung jawab dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap permasalahan yang dihadapai kelompok remaja / masyarakat.
2) Mengembangkan daya kreatifitas dan inovasi peserta.
3) Mempromosikan upaya Kesehatan Transfusi Darah dan Bahaya Norkoba.
C. Peserta :
Tiap kontingen mengirimkan 1 ( satu ) orang PMR Madya dan 1 ( satu ) orang PMR Wira ( Putra / Putri ).
D. Tata Cara Pelaksanaan :
1) Materi Poster yang ditentukan:
i. Bahaya Narkoba untuk PMR Wira.
ii. Pentingnya Donor Darah untuk PMR Madya.
2) Kertas gambar dibawa sendiri oleh peserta dengan ukuran 15 x 30 cm.
3) Alat gambar bebas dan disediakan sendiri oleh peserta. Waktu yang diberikan dalam pembuatan poster maksimal 30 menit.
4) Ketentuan teknis lainnya disampaikan di tempat peragaan.
5) Penilaian meliputi :
i. Efektifitas dan relevansi pesan.
ii. Komposisi dan keserasian desain.
iii. Kreatifitas / inovasi
iv. Penampilan poster/desain
3. PRS / LIFE SKILLS.
a) Latar Belakang :
Bahwa dewasa ini banyak terjadi penyalahgunaan obat – obatan / narkotika. Untuk itu PMR PMI perlu mengetahui tentang bahaya Narkotika dan zat akditif lainnya yang dapat merusak generasi muda.
b) Tujuan :
 Mampu mengimplementasikan pengetahuan, sikap dan ketrampilan hidup yang dimiliki dalam kehidupan sehari – hari.
  Mampu mengembangkan kemampuan psikososialnya dalam mengatasi berbagai tuntutan dan tantangan hidup sehari – hari serta sikap tentang bagaimana melaksanakan pola hidup sehat dan sejahtera jauh dari perilaku beresiko tinggi.
c) Tema :
Madya : Pengembangan Potensi Diri.
1. Tumbuh Kembang Remaja.
( Perubahan Fisik dan Resiko yang meyertai Tumbuh Kembang Remaja )
2. Pengembangan Potensi Diri.
( Cita – cita dan Potensi Diri )
Wira : Perilaku Beresiko Tinggi.
a) HIV
b) Pacaran dan Senggama.
d) Peserta :
Masing – masing tim mengirimkan 8 orang PMR Wira dan 8 Orang PMR madya ( Putra / Putri ) anggotanya untuk mengikuti peragaan ini ( 2 orang sebagai Fasilitator 6 orang sebagai audiens ).
e) Tata Cara Pelaksanaan :
 Fasilitator menentukan posisi duduk audensi sebelum memulai diskusi.
  Fasilitator membagikan media perkenalan ( Kertas dan spidol ).
  Fasilitator mengajak audien untuk memulai diskusi sesuai topik yang dipilih dengan cara tanya jawab / tukar pengalaman.
  Dalam pengambilan kesimpulan fasilitator mengambil pendapat dari perwakilan audien untuk menjelaskan hasil dan manfaat dari diskusi tersebut yang kemudian dilengkapi oleh fasilitator.
  Catatan fasilitator hendaknya menciptakan suasana dan kondisi diskusi yang kondusif serta gunakan media peraga sekreatif mungkin.
  Waktu : 20 Menit.
  Media : Alat Peraga.
  Metode : Diskusi, Tanya jawab dan tukar pengalaman.
4. BHAKTI MASYARAKAT :
a) Latar Belakang :
Sebagai wujud kepedulian para anggota PMR terhadap masalah sosial, kebersihan lingkungan dan pendidikan.
b) Tujuan :
  Sebagai salah satu media untuk menerapkan Tri Bakti PMR
  Meningkatkan kualitas sosialisasi antara peserta Jumbara dengan masyarakat sekitar.
  Meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya para pelajar dilokasi Jumbara, tentang kepalangmerahan dan ke-PMI-an.
  Peserta mengetahui adat dan budaya masyarakat setempat.
c) Peserta :
Tiap kontingen mengirimkan 6 orang peserta PMR Madya dan 6 orang peserta PMR Wira. ( Putra / Putri )
d) Proses pelaksanaan :
 Tema bakti masyarakat adalah “ Together We Care ” ( Bersama Kita Peduli ).
  Lokasi akan ditentukan oleh panitia ( 2 – 3 lokasi ).
  Setiap kontingen wajib membawa paket :
i. Buku tulis, pensil, penggaris, penghapus dan bolpen masing – masing minimal 5 paket.
ii. Alat kebersihan.
iii. Setiap Peserta menyisihkan uang sebesar Rp 1.000,00 untuk Kegiatan Sosial.
  Pada setiap lokasi, peserta dibagi 2 kelompok :
i. Sahabat. Kelompok ini melakukan Pemberian Buku alat tulis padas SD / MI terdekat yang diikuti oleh 1 orang peserta PMR Madya dan 1 orang peserta PMR Wira.
ii. Bersih. Yang tergabung dalam kelompok ini melakukan bersih pantai di sekitar lokasi Pantai Teluk Penyu yang diikuti oleh 5 orang peserta PMR Madya dan 5 orang peserta PMR Wira.
5. LOKA KARYA PEMBINA PMR :
a) Latar Belakang :
Mensosialisasikan Materi Ke PMR an kepada semua Pembina Pendamping yang mengikuti Jumbara PMR.
b) Tujuan :
 Evaluasi pembinaan dan pengembangan PMR yang telah dilaksanakan.
  Menyamakan pemahaman dalam perencanaan pembinaan dan pengembangan PMR.
  Meningkatkan kerja sama antara PMI Cabang dalam pembinaan dan pengembangan PMR.
c) Peserta :
Setiap kontingen mengirimkan 2 orang, yang terdiri dari Pembina Pendamping PMR Madya / Wira.
d) Tata Cara Pelaksanaan :
 Lokakarya diawali dengan sesi presentasi dari PMI Daerah yang ditunjuk dengan topik : Upaya Pengembangan dan Pembinaan PMR yang telah dilakukan.
  Peserta akan dibagi menjadi 3 kelompok.
  Diskusi kelompok akan mengidentifikasi:
1) Rekruitment PMR
2) Pelatihan bagi anggota PMR
3) Tri bakti PMR
4) Pengembangan Kapasitas
5) Monitoring dan evaluasi
6) Kerja sama
  Setelah diskusi kelompok, akan dilanjutkan dengan diskusi panel untuk mengambil kesepakatan bersama. Keputusan yng diambil ini akan menjadi rekomendasi prioritas bagi pengembangan dan pembinaan PMR 5 tahun kedepan.
6. KEGIATAN KONTINGEN :
A. Pentas Seni :
1) Latar Belakang :
Untuk melestarikan kebudayaan daerah dan memeriahkan serta mempererat tali persaudaraan di antara sesama anggota PMR diseluruh Kabupaten Cilacap.
2) Tujuan :
Menjalin kerjasama dan keakraban antara anggota PMR dan Masyarakat.
 Menambah wawasan kreasi budaya daerah peserta.
 Menghibur anggota masyarakat umum dan peserta Jumbara.
3) Bentuk Kegiatan :
Pentas seni dipentaskan oleh Perwakilan Distrik Masing – masing secara bergantian setiap malam, untuk jenis kegiatan bisa meliputi : Tari, Nyanyi, Drama, Lawak atau Pentas Seni lainnya.
4) Peserta Dan Tata Cara Pelaksanaan :
 Tiap Distrik menampilkan 2 ( dua ) Atraksi di panggung terbuka.
  Waktu pentas 20 Menit dengan interval pergantian 5 menit.
  Acara dimulai dari pukul 19.00 – 22.00 Wib.
  Urutan penampilan pentas seni diatur dan ditentukan oleh Panitia.
  Panitia hanya menyediakan panggung ukuran umum, sound system dan penerangan lampu secukupnya.
  Peralatan lain disediakan sendiri oleh peserta.
B. Olah Raga :
1) Kegiatan olah raga dilaksanakan di arena Jumbara adalah : Senam Bugar.
2) Setiap Kontingen wajib mengikuti senam bugar.
C. Kunjungan Persahabatan :
1) Latar Belakang :
Menjalin dan mempererat persabatan para Anggota PMR dimaksudkan untuk dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai sesama Kader Palang Merah.
2) Tujuan :
 Menjalin hubungan baik dan kerja sama antar sesama Peserta.
  Meningkatkan persatuan dan kesatuan serta persaudaraan antar sesama Peserta.
3) Bentuk Kegiatan :
Saling kunjung – mengunjungi antara sesama Peserta Jumbara.
4) Peserta Dan Tata Cara Pelaksanaan :
 Setiap Peserta Jumbara diwajibkan mengadakan kunjungan persahabatan.
  Setiap Kontingen menyiapkan buku tamu persahabatan di tenda / penginapan masing – masing.
  Setiap kunjungan ke tempat Kontingen lain, diharapkan membawa buku kunjungan.
  Setiap Kontingen diharapkan saling tukar – menukar hasil karya.
  Pada setiap kunjungan, diharap mencatat kesan yang diperoleh, waktu kunjungan, keramahtamahan, bahan pembicaraan, dll.

1 komentar:

  1. mhn info untk seputar kegiatan JUMBARA PMI CABANG CILACAP tahun 2014

    BalasHapus